Thursday 5 January 2012

Exchange-Life Experience #33 #34

Senin, 2 Januari 2012
Hari pertama mengajar di awal tahun 2012. Minggu ini saya mulai mengajar kelas level high. Saya sangat penasaran, akan seperti apa hari-hari saya nanti di kelas level high. Saya tidak pernah berharap yang lebih-lebih untuk apapun, tapi saya harap, mereka akan lebih baik dan lebih seru dari kelas level low.

Hari Senin adalah jadwal saya mengajar di tingkat tiga. Hari ini saya mengajar materi dengan judul Classroom Things. Saya memainkan game di power point mengenai barang-barang yang ada di dalam kelas. Mereka harus spin the wheel untuk mendapat angka dan menebak benda. Seru. Permainan ini dilanjut dengan teka-teki yang harus mereka isi di selembar kertas. Pada awalnya, saya menyuruh mereka untuk menemukan kata-kata yang tersembunyi di dalam tumbukan kata. Tapi itu terlalu sulit untuk mereka. Jadi saya hanya menyuruh mereka untuk menebak gambar dan memindahkan huruf yang benar ke dalam box kosong yang harus mereka isi. Hmm.. Yaa, setidaknya mereka bisa berlatih. Untuk membuat kelas semakin hidup, saya pun mengeluarkan lagu dan juga video. Yang pertama yaitu lagu rain-rain go away. Mereka sudah hapal. Tapi yang mereka tahu yaitu 'little Johny', maka dari itu saya selipkan materi 'Family' di dalam lagu rain-rain go away. Mengasyikan!

Di kelas level high ini, saya tidak perlu banyak beracting karena mereka sudah cukup pintar untuk menebak. Mereka pintar. Ketika saya seleseai mengajar, sang guru, Rachel, yang sedari tadi mengobrol dengan mantan guru Bahasa Inggris di sekolah ini, Maggy, berbincang-bincang dan Maggy memuji saya. Entah tulus atau tidak, tapi saya senang mendengarnya. Saya tidak tahu apa yang telah mereka perbincangkan, tapi saya setidaknya merasa lega dengan pujian itu.


Ada yang spesial pada malam Senin ini. Malam ini 'dia' memulai percakapan di Skype. Ada sedikit rasa 'sesuatu'. Hmm.. Mungkin perasaan saya saja yang terlalu berlebihan. Saya sadari itu. Mungkin maksud dia adalah sangat normal. Dia hanya ingin menyampaikan sesuatu yang memang seharusnya disampaikan. Berita mengenai rencana kita setelah projek kita selesai adalah hal yang sangat penting. Karena kita memang harus melakukan banyak persiapan jika kita tidak ingin menghamburkan banyak uang dengan menyewa tempat tinggal yang mahal atau pergi kesana-kemari tanpa perkiraan keuangan. Ya. Dan malam ini, saya dan dia banyak berbicara mengenai rencana kita tersebut. Kita berdua mengobrol lama sekali. Berjam-jam, saya rasa. Karena pada malam itu, saya mendownload film Sherlock Holmes dan Whats Your Number, dan saya tadinya ingin menontonnya semua film, tapi tidak sempat karena terlalu lama mengobrol. Malam itu, saya hanya sempat menonton Sherlock Holmes. Dan percakapan pun diakhiri dengan adegan kurang menyenangkan. Mungkin dia tersinggung karena saya tertawa terlalu berlebihan sehingga dia seperti menghindar dengan alasan dia sedang Skype dengan keluarganya. Tapi tak apalah. Saya tetap bahagia :)


Selasa, 3 Januari 2012
Tidak ada jadwal hari ini. Saya isi hari saya di kantor dengan menonton film yang sudah saya download hari kemarin yaitu "Whats Your Number". Saya menonton sampai pukul 10an. Saat saya hendak menyiapkan materi untuk mengajar besok, saya baru sadar bahwa saya lupa membawa flashdisk saya. Oleh karena itu, saya hanya bersenang-senang di depan laptop sampai lunch selesai, karena dari situ saya bisa kembali ke asrama untuk solat dan juga sekalian mengambil flashdisk saya.

Sehabis shalat dzuhur, saya isi waktu saya dengan menyiapkan materi untuk tingkat 4 dan 6 di hari Rabu. Saya juga mempertajam latihan Tari Saman sederhana untuk Rabu besok. Yaa.. Rabu akan menjadi hari yang padat untuk saya.

Malam harinya, karena saya sudah tahu situs untuk mendownload banyak film bagus, saya sempatkan untuk mendownload banyak sekali film. Saya mendownload beberapa episod dar glee dan semacamnya. Ya! Puas sekali. Saya siap menjalani hari esok dengan gembira! :)

No comments:

Post a Comment