Thursday 5 January 2012

Exchange-Life Experience #35

Rabu, 4 Januari 2012
Saya menyambut hari ini dengan begitu gembira, walaupun sedikit nervous. Rabu ini kembali menjadi hari paling padat. Di Student Activity Center hari ini adalah giliran saya menampilkan sesuatu bersama murid di sekolah ini. Seminggu kebelakang, saya dan kedelapan murid dancing group sudah berlatih. Kami berlatih tiap jam Taking A Nap. Yaa.. Baiknya mereka, mengorbankan jam tidur siang mereka untuk latihan penampilan bersama saya di Rabu ini. Saya menampilkan gerakan Tari Saman sederhana. Hari ini kami tampil.

Penampilan hari ini sangat sempurna. Salah satu murid saya bernama Andres selalu membuat kelucuan, bahkan di panggung sekalipun. Tak disangka, lagu 'Laksmana Raja Di Laut' yang di-burn oleh Carrie adalah lagu dengan durasi yang lebih panjang, jadi kami sedikit stuck pada gerakan. Tapi secara kesuluruhan, kami sangat memukau. Sangat tradisional.

Berikut adalah foto-foto kami:





Hari ini saya puas-tidak puas dengan kelas saya. Saya tidak tahu kenapa. Saya agak sedikit kurang sreg dengan kelas level high. Walaupun mereka sangat cerdas, tapi entah kenapa, bagi saya mereka tidak cocok dengan saya. Mungkin saya terlalu mengagung-agungkan mereka sehingga saya berkespektasi lebih kepada mereka yang nyatanya malah mereka hanya biasa-biasa saja.

Di kelas pertama, yaitu kelas 4, saya mengajarkan materi mengenai Birthday Party. Pada worksheet sejenis teka-teki, mereka kurang bisa mengerjakan soal-soal. Mereka hanya menemukan beberapa kata saja. Tapi tak akapalh.. Tidak terlalu buruk. Dan pada bagian missing lyric, mereka sama sekali tidak menangkap katanya. Mungkin terlalu cepat. Sehingga pada bagian ini, saya hanya menunjukkan videonya bersama liriknya di depan kelas agar mereka bisa mengikuti. Yaa. Cukup, bagi saya.

Pada kelas kedua, yaitu kelas 6, saya berasa ingin sekali menyapa "Selamat pagi wahai murid-muridku yang cerdas-cerdas". Karena sebagian dari mereka adalah anak-anak saya yang saya ajarkan menari Saman. Tapi ternyata tidak seindah yang saya bayangkan. Sebagian dari mereka sama sekali tidak bisa menangkap apa yang saya ajarkan dan tidak memeprhatikan. Mereka cerdas dan cepat merespon, tapi saat diberi soal, tidak semua dari mereka dapat mengerti.

Saya mengajarkan kepada mereka mengenai New Year. Saya kenalkan beberapa vocabulary, dan dilanjut dengan teka-teki. Kali ini saya tidak memberikan kata-katanya. Mereka harus bisa menghapal dan tahu bagaimana mengeja kata-kata tersebut. Cukup berhasil, yaa karena mereka sudah pintar. Dan dilanjut dengan missing lyric. Tidak terlalu bagus menurut saya, karena speaker di kelas ini memang tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk menyanyikannnya. Akhirnya berhasil. mereka bisa menebak dengan baik. Oke. Secara keseluruhan, semua baik walaupun tidak seseru kelas-kelas sebelumnya. Entah kenapa, bagi saya, kelas yang terbaik adalah kelas berlevel medium. Mungkin karena kelas tersebut adalah kelas pertama yang saya ajarkan, sehingga saya masih merasa sangat excited ketika mengajar. Tidak seperti sekarang, yang saya sudah tahu kelemahan dan keburukan mereka di luar kelas. Saya harap saya bisa menjadi guru yang baik, anyway :)

No comments:

Post a Comment