Monday 12 December 2011

Culture Presentation - Global Village




Saya selalu merasa excited tiap harus bercerita mengenai kebudayaan asli Indonesia kepada warga negara lain. Indonesia sangat unik dan kebudayaannya sangat kaya. Saya sering kali bingung mengangkat provinsi mana yang harus saya ceritakan. Yaa.. Setiap daerah memiliki kebudayaannya sendiri. Bahkan orang Indonesianya sendiripun tidak akan bisa menghapal atau mneguasai seluruh kebudayaan yang ada dari setiap-setiap negara dan pelosok yang ada di Indonesia. Mungkin karena hal inilah mengapa kebudayaan Indonesia sulit untuk populer. Jumlahnya yang sangat banyak menjadi pemerintah atau warga lainnya tidak bisa fokus. Hmm.. tapi itu tidak menjadi suatu alasan bagi seseorang untuk tidak menjelaskan dan memperkenalkan kebudayaan negara kita Indonesia kepada negara lain. Perkenalkanlah meskipun hanya bisa memperkenalkan suatu unsur budaya dari jutaan unsur budaya yang Indonesia miliki.

Beberapa unsur budaya Indonesia yang dikagumi oleh negara lain selama pengenalan budaya di acara exchange program AIESEC:

1. Makanan
Makanan indonesia sangat unik. Pada saat saya mempresentasikan kepada anak-anak di kelas, mereka semua berdecak kagum dan menunjukkan mimik wajah yang lapar. Gambar makanan yang saya tunjukkan adalah gado-gado dan nasi tumpeng (nasi kuning) yang dikelilingi oleh lauk-pauk yang penuh. Mungkin masakan berkuah sudah banyak di bagian-bagian negara di Asia. Tapi siapa yang punya gado-gado dan nasi tumpeng? Cuma Indonesia.

2. Uang
Bagian slide di presentasi ini adalah bagian yang paling saya suka. Pada saat slide ini diklik, maka keluar gambar uang seribuan, dan seluruh anak-anak di kelas berteriak kagum dengan mata terbelalak. Di Taiwan, nominal terbesar untuk uang kertas adalah 1000 yang jika di ke rupiah kan yaitu senilai 300.000 rupiah. Oleh karena itu, mereka kaget. Terutama pada saat saya menunjukkan uang 2000 an rupiah dan saya berikan 5 uang 2000 an kepada 5 siswa yang bisa menjawab pertanyaan saya mengenai kebudayaan Indonesia. Mereka senangnya bukan main.

3. Kebaya
Kalian sebagai warga negara Indonesia, saat memakai kebaya kalian yang gemerlapan di negara lain, kalian pasti akan merasa sangat bangaa memakainya. Bagaimana tidak. Ukiran payet dan bentuk kebaya yang sangat mempercantik tubuh membuat semua warga lokal di negara lain berdecak kagum melihatnya. Saya memakainya pada saat global village di main station di MRT Tamsui. Ada ratusan orang yang mampir di booth negara saya dan meminta saya untuk berfoto dengan mereka sambil memuji saya. Sungguh bangga terhadap Indonesia.

Mulai dari sekarang, jangan lah ragu untuk memperkenalkan hal-hal yang berkaitan dengan budaya Indonesia kepada warga negara lain.

No comments:

Post a Comment